UA-229953432-1
syarat daftar kip kuliah 2022

Cara dan syarat daftar kip kuliah 2022 online

Cara dan syarat daftar kip kuliah 2022 online-Kip kuliah 2022 atau Kartu indonesia Pintar kuliah merupakan salah satu program pemerintah untuk membantu para mahasiswa yang akan melanjutkan ke perguruan tinggi namun terkendala oleh keterbatasan ekonomi. Kip kuliah berlaku untuk jalur seleksi masuk perguruan tinggi seperti

  • SNMPTN
  • SBMPTN
  • SNMPN
  • SBMPN dan juga seleksi mandiri ptn dan juga seleksi mandiri PTS

Cara dan syarat daftar kip kuliah 2022 online

Kementerian Pendidikan, Riset, dan Teknologi Kebudayaan atau biasa disebut Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi, membuka pendaftaran KIP KULIAH 2022 (kartu indonesia pintar kulih 2022) melalui kip-kuliah.kemendikbud.go.id

Jika anda tertarik atau berminat untuk mendaftar KIP KULIAH 2022 tentunya anda harus menyimak artikel berikut ini

bagaimana cara dan syarat daftar kip kuliah 2022?

Persyaratan Pendaftaran bagi siswa KIP kuliah 2022 SMA atau sederajat yang lulus atau akan lulus pada tahun berjalan atau telah dinyatakan lulus maksimal 2 tahun sebelumnya.

Peserta memiliki NISN, NPSN dan NIK yang masih berlaku

Memiliki potensi akademik yang baik namun memiliki keterbatasan ekonomi yang didukung dengan bukti dokumen yang sah (pemegang Kartu Indonesia Pintar/Kartu Keluarga Sejahtera/Program Keluarga Harapan/serta santri dari panti asuhan)

Jika tidak termasuk dalam kategori poin nomor 3, keterbatasan ekonomi dibuktikan oleh siswa dengan gabungan slip gaji orang tua maksimal Rp 4 juta.

Lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru, dan diterima di PTN atau PTS pada program studi yang terakreditasi.

Cara daftar dan syarat KIP kuliah 2022 secara online

Mahasiswa dapat langsung mendaftar secara mandiri di web KIP Kuliah System pada halaman kip-kuliah.kemdikbud.go.id atau melalui mobile apps KIP Kuliah

Pada saat pendaftaran, siswa memasukkan NIK, NISN, NPSN dan alamat email yang valid dan aktif

Sistem Kip Kuliah selanjutnya akan melakukan validasi NIK, NISN dan NPSN serta kelayakan untuk mendapatkan KIP Perkuliahan

Jika proses validasi berhasil maka Sistem Kip Kuliah selanjutnya akan mengirimkan Nomor Registrasi dan Kode Akses ke alamat email yang terdaftar

Mahasiswa menyelesaikan proses pendaftaran KIP Kuliah dan memilih jalur seleksi yang akan diikuti (SNMPTN/SBMPTN/SMPN/UMPN/Mandiri)

Selanjutnya mahasiswa menyelesaikan proses registrasi pada portal atau sistem informasi seleksi nasional untuk masuk perguruan tinggi sesuai jalur seleksi yang dipilih. Proses sinkronisasi dengan sistem tersebut nantinya akan dilakukan dengan skema host-to-host.

Cara dan syarat daftar kip kuliah 2022 online

Bagi calon penerima KIP Kuliah yang telah dinyatakan diterima di Universitas, dapat dilakukan verifikasi lebih lanjut oleh Perguruan Tinggi sebelum diajukan sebagai calon mahasiswa penerima KIP Kuliah.
mempengaruhi input yang dilakukan oleh siswa, maka akan langsung muncul notifikasi di sistem dan akan diidentifikasikan notifikasi sebagai lokasi permasalahan, misalnya NISN, NPSN, atau NIK tidak valid. Jika muncul notifikasi bahwa NISN atau NPSN tidak valid, bagi siswa yang masih aktif di satuan pendidikan dapat berkoordinasi dengan pihak sekolah untuk segera memperbaiki data tersebut.

Sedangkan bagi mahasiswa yang telah lulus, verifikasi dan validasi dapat dilakukan secara mandiri pada kip-kuliah.kemdikbud.go.id. halaman, dengan melampirkan dokumen yang sah, seperti pada ijazah.

cara memperbaiki kesalahan NIK saat mendaftar kip kuliah 2022

Sedangkan jika terdapat kesalahan pada NIK, Anda dapat melampirkan scan KTP dan Kartu Keluarga Anda. “Tentang NIK ini tidak hanya terkait dan terintegrasi di Dapodik, tetapi juga terkait status ekonomi yang tercatat di DTKS Kemensos yang juga sudah terintegrasi dengan SIM KIP Kuliah,” kata Soni. Soni juga berbicara tentang siswa yang mendaftar KIP Kuliah menggunakan email orang lain, seperti email orang tua, guru atau bahkan email sekolahnya.

“Kip pendaftaran perguruan tinggi masih diperbolehkan menggunakan email orang tua, guru, sekolah atau email lainnya. Hanya saja masalah akan muncul ketika siswa tidak lagi memiliki akses ke email yang digunakan tadi,

padahal ada kemungkinan kip kuliah mengirimkan notifikasi ke email, sehingga mengurangi manfaat kip kuliah,” jelasnya.

Jadwal Kartu Indonesia Pintar Untuk Perguruan Tinggi atau kip kuliah 2022

Tanggal-tanggal penting pendaftaran dan jadwal penutupan Kartu Indonesia Pintar Untuk Perguruan Tinggi tahun 2022

# Kegiatan Buka Tutup

1 KIP-Registrasi Akun Mahasiswa 02 Februari 2022 31 Oktober 2022

2 SNMPN 07 Februari 2022 17 Maret 2022

3 SNMPTN 13 Februari 2022 27 Februari 2022

4 UTBK-SBMPTN 22 Maret 2022 14 April 2022

5 SBMPN 05 April 2022 29 Juni 2022

6 Seleksi Mandiri PTN 01 Juni 2022 07 Oktober 2022

7 Seleksi Mandiri PTS 08 Juni 2022 31 Oktober 2022

Besaran bantuan pendidikan Biaya hidup kip kuliah 2022

Bantuan pendidikan untuk biaya hidup dibagi menjadi lima klaster wilayah menurut indeks harga. Berikut daftar lengkapnya:

  1. Klaster I: Rp 800 ribu per bulan
  2. Klaster II, diberikan Rp 950 ribu per bulan
  3. Klaster III: Rp 1,1 juta per bulan
  4. Klaster IV: Rp 1,25 juta per bulan
  5. Klaster V: Rp 1,4 juta per bulan.

Biaya pendidikan KIP KULIAH 2022 

Biaya pendidikan kip kuliah 2022 ada tiga klaster berdasarkan akreditasi program studi yang dipilih. Berikut rinciannya:

  1. Akreditasi Program Studi A: Rp8 juta s/d Rp12 juta per semester
  2. Akreditasi Program Studi B: Rp 4 juta per semester
  3. Akreditasi Program Studi C: Rp 2,4 juta per semester.

Jadwal Pendaftaran KIP-Kuliah Merdeka- Pendaftaran Akun Mahasiswa KIP-KIP 2 Februari – 31 Oktober 2022

– SNMPN 7 Februari-17 Maret 2022

– SNMPTN 13 Februari- 27 Februari 2022

– UTBK-SBMPTN 22 Maret – 14 April 2022

– SBMPN 5 April 29 Juni 2022

– Seleksi Mandiri PTN 1 Juni 2022 – 7 Oktober 2022

– Seleksi Mandiri PTS 8 Juni – 31 Oktober 2022

Tim Teknis Kip Kuliah Puslapdik, Soni Hartono Wijaya dikutip dari website Kemendikbud memberikan pembinaan bagi mahasiswa yang ingin mendaftar KIP Kuliah Merdeka 2022. Pertama, melakukan registrasi mandiri melalui SIM KIP Kuliah yang beralamat di kip- halaman kuliah.kemdikbud.go.id atau melalui aplikasi KIP Kuliah yang dapat diunduh di play store.

“Saat mendaftar, siapkan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Induk Sekolah Nasional (NPSN) dan Nomor Induk Kependudukan (NIK) sebagai parameter utama dalam mendaftar KIP Kuliah, serta alamat email yang valid dan masih aktif,” ujar soni. Dapodik, kata Soni, menjadi acuan utama sistem KIP Kuliah dan mengesahkan NISN, NPSN, dan NIK.

Oleh karena itu, dalam pengisian data SIM KIP Kuliah, pengisian data ketiga hal tersebut harus sesuai dengan yang tercatat di Dapodik. “Perbedaan satu karakter saja, misalnya huruf, angka, atau spasi akan membuat sistem menolak pendaftaran,” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.