UA-229953432-1
3 TAHAPAN MIGRASI TELEVISI ANALOG KE DIGITAL

3 TAHAPAN MIGRASI TELEVISI ANALOG KE DIGITAL

3 TAHAPAN MIGRASI TELEVISI ANALOG KE DIGITAL-Memasuki era penyiaran digital, pemerintah lewat keminfo terus gencar mensosialisasiakan implementasi tv digital. pemerintah terus menyerukan pada masyarakat serta pelaksana industry di Indonesia buat mempersiapkan diri serta mensupport proses migrasi tv analog menuju tv digital dengan gambar serta suara yang lebih jernih serta mutahir.

3 TAHAPAN MIGRASI TELEVISI ANALOG KE DIGITAL

Mencontoh Negara- negara maju seperti amerika serta eropa mereka sudah mematikan siaran analog( switch analog–off) serta beralih kesiaran tv digital sudah semenjak lama. serta bisa di bilang Indonesia tertinggal.

Karna, nyatanya pemerintah Indonesia telah mewacanakannya pada awal tahun 2012 lewat Peraturan Menteri Kominfo Nomor. 5 Tahun 2012 mengenai Standar Penyiaran Tv Digital Terestrial Penerimaan Tetap Tidak Berbayar.

Standar yang dimaksud, yakni bentuk penyiaran Digital Video Broadcasting pada Televisi digital terestrial generasi kedua( DVB- T2) yang ialah kelanjutan standar digital DVB- T tahun 2007.

Pemerintah sendiri telah mengklaim hal ini adalah bentuk usaha dalam rangka menyesuaikan diri terhadap perkembangan pesat teknologi serta ke depannya jadi peluang buat pengembangan industri penyiaran nasional.

Bersumber pada kesepakatan serta rekomendasi forum International Telecommunication Union( ITU) di Janewa pada bertepatan pada 16 Juni 2006 yang dihadiri oleh 104 negara, tercantum Indonesia bahwa penentuan sasaran ASO paling lambat pada tahun 2015. Tetapi, banyaknya hambatan dari beberapa regulasi membuat implementasinya tertunda di Indonesia.

Setelah itu lewat UU Cipta Kerja 60A serta Peraturan Menteri Komunikasi serta Informatika Nomor. 11 tahun 2021 mengenai penyelenggaraan penyiaran, telah diamanatkan migrasi Televisi analog ke digital yang dilakukan lewat 3 langkah:

  • pra migrasi,
  • migrasi,
  • serta pasca migrasi.

TAHAPAN MIGRASI TELEVISI ANALOG KE DIGITAL

Oleh sebab itu diseminasi Televisi digital dimasifkan dengan komitmen, partisipasi, serta kerja sama antara semua pengelola kepentingan penyiaran, adalah pemerintah, industri penyiaran, serta masyarakat. Adapun jenjang Analog Switch- Off( ASO), yaitu:

  1. Tahap 1( Komitmen): 30 April 2022( 56 daerah layanan)
  2. Langkah 2( Partisipasi): 25 Agustus 2022( 31 daerah layanan)
  3. Tahap 3( Kolaborasi): 2 November 2022( 25 daerah layanan)

#DigitalBisa#UntukDaerahLebihBaik

Sudahkah kalian berpindah menggunakan Televisi Digital? Apa yang membuat kalian berpindah pada Televisi Digital? Lalu, Bagaimana penyebarannya hingga sampai ke wilayah- wilayah khusus di Indonesia?

awalnya kita menggunakan Televisi analog sebagi alat hiburan di rumah. Yang mana Televisi ini mempunyai kualitas gambar yang berbintik serta berbayang. Dari segi kualitas sinyal juga dapat dibilang kurang bagus sebab rentan terhadap kendala cuaca. Meninjau dari beberapa estimasi seperti terdapatnya kemauan untuk menciptakan siaran tv yang lebih berkualitas, jernih, serta bersih untuk masyarakat, hingga dilakukan migrasi dari Televisi Analog menuju Televisi Digital.

JADWAL ANALOG SWICTH OFF

Migrasi Televisi analog ke digital dijadwalkan paling lambat terlaksana pada 2 November 2022. Saat sebelum itu, Kominfo sudah membuka seleksi penyelenggara multipleksing siaran tv digital terrestrial selaku wujud perencanaan. Seleksi yang pendaftarannya ditutup pada 5 April 2021 itu ditunjukan buat lembaga Penyiaran Swasta( LPS). Seleksi dilaksanakan dengan cara online lewat web sleksimux. kominfo. go. id

Berbarengan dengan adanya migrasi, Kementerian Komunikasi serta Informatika( Kominfo) memublikasikan bahwa akan mengakhiri siaran Televisi analog pada April 2022. Sebenarnya penghentian siaran Televisi analog ataupun dikenal ASO ini dijadwalkan terlaksana pada 17 Agustus 2021, tetapi ditunda karena terdapatnya peralihan dari siaran tv analog menuju siaran tv digital.

Selangkah demi selangkah, Indonesia mulai merambah era penyiaran Televisi Digital terestrial free- to- air. Sinyal yang dikirimkan pada siaran tv digital ini sanggup menghasilkan gambar serta suara dengan mutu penerimaan yang lebih tajam serta jernih di layar Televisi dibanding dengan siaran analog. Kemudian, aspek apa saja yang mensupport kita untuk berpindah pada Televisi digital?

KEUNGGULAN SIARAN TV DIGITAL

Kualitas siaran yang amat jernih pada layar T Terlebih lagi kalau stasiun TV- nya memfasilitasi siaran digital versi HD juga. Cuma terdapat 2 kemungkinan di Televisi digital; jernih( yang menunjukkan siaran bisa diterima) ataupun tidak ada( yang menandakan siaran tidak bisa diperoleh ataupun stasiunnya belum mensupport siaran digital).

Bebas biaya bulanan.

Memang pada langkah awal dikenakan biaya buat membeli Set Top Box( STB). Akan tetapi setelah itu kita dapat menikmati siaran Televisi yang bening tanpa ditagih biaya langganan tiap bulan.

Pengaplikasian yang efisien serta simpel. Kita dapat menikmati bermacam siaran Televisi digital cukup dengan memasangkan output antenna yang telah terdapat ke input STB serta kabel HDMI dari STB ke Televisi,

Siaran Televisi bisa direkam,

cukup denganmenghubungkan kabel USB ataupun HD eksternal, kita telah dapat menyimpan siaran yang tengah berjalan ke dalam media penyimpanan digital.

Jumlah siaran tv yang bervariasi,

dari satu satelit saja ada 30 sampai ratusan channel tv digital. Dari tiap- tiap channel itu terdapat yang free serta berbayar.

Dikutip dari halaman website kominfo. go. id Menteri Komunikasi serta Informatika Johnny G. Plate memaparkan konteks pemerataan akses informasi yang jadi tantangan pemerintah disaat ini. Tidak hanya pemerataan akses, tetapi juga bagaimana tingkatkan mutu penyiaran tv. Pemerataan akses data yang bermutu lewat digitalisasi tv mempercepat penegasan nilai serta wawasan kebangsaan untuk warga wilayah pinggiran dan kenaikan intelek warga secara biasa.

Proses pemerataan ini memanglah belum menjangkau ke 34 provinsi yang terdapat di Indonesia. Perihal ini disebabkan jangkauan siaran digital tiap- tiap stasiun Televisi tidak sama serta sedang cenderung terbatas. Jadi janganlah heran, jika beda kecamatan saja jumlah saluran digital yang berhasil diterima dapat berbeda. Maka dari itu, proses Analog Switch Off ini dimulai dari area yang sudah tercover layanan siaran Televisi digital. Tidak hanya itu, harga Set Top Box( STB) yang dapat dibilang masih sangat tinggi buat kalangan tertentu. STB itu juga tidak mudah diperoleh, terutama untuk warga di wilayah yang masih sedikit akses kepada layanan berbelanja daring. Terlepas dari hambatan itu, kita bersama berharap ke depannya Televisi digital bisa menjangkau ke seluruh area yang terdapat Indonesia. Dengan begitu, semua lapisan masyarakat di Indonesia bisa menikmati Televisi digital ini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.